Saturday, February 18, 2017

Tips Membuat Martabak Manis Red Velvet

Martabak Manis atau yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya adalah Makanan Khas Bangka Belitung.  Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka.  Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo.


Martabak Manis Red Velvet
Martabak Manis Red Velvet

Bahan:
500 gr terigu berkualitas sedang (segitiga biru)
600 ml air bersih/matang
1 sdm margarin 
2 btr telur
125 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instant
1 sdt baking powder
1/4 sdt vanili
1/2 sdt garam
35 gr bubuk red velvet / greentea (siap beli di toko bahan kue)
catatan : karna bubuk red velvet atau green tea hanya tambahan, jadi jika menggunakannya maka otomatis tp terigu dikurangi timbangannya sesuai takarannya.

Bahan Penunjang Martabak Manis :
> 1 bungkus biskuit oreo
> 100 gr keju cheddar
> 60 ml susu kental manis putih



Cara Membuat Adonan Martabak Manis :

1. Pertama jerang air bersih di panci bersama margarine, biarkan sampai margarine lumer dan air jangan sampai mendidih, tapi hangat saja suam2 kuku. (karna jika terlalu panas nantinya akan mematikan bakteri yang ada dalam ragi, sehingha adonan tidak akan bisa mengembang).

2. Campurkan gula pasir, ragi instan, baking powder, tepung terigu, garam dan vanili  aduk dan setelah tercampur masukkan telur dan kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan rendah. Lalu tuangkanlah campuran air tadi ke adonan kue martabak sambil terus dikocok dengan mixer hingga tercampur rata selama 5 menit. 

3. Langkah Terakhir diamkan adonan kue selama 60 menit dengan ditutup menggunakan serbet/kain yang dibasahi. Tunggu sampai adonan tadi resistensi dan memgembang.



Tata Cara Membuat Martabak Manis :

* Pertama Panaskanlah wajan lalu olesi sedikit saja minyak supaya tak lengket dengan kertas tissue.

* Kemudian Tuanglah adonan ke dalam pan rata berdiameter +/- 22cm ratakan.Tunggulah sampai bergelembung di permukaan adonan beri gula lagi,  lalu tutup.

* Selanjutnya Tunggu sampai matang dan angkat.

* Olesi permukaan martabak dgn margarin.

* Lalu tuangkan biskuit oreo yang dihancurkan dan setelah itu keju cheddar parut dan susu kental.

* Belahlah menjadi dua bagian & lipat jadi bentuk setengah lingkaran saja. sudah. akhirnya selesai juga martabak red velvet kita. ☺☺☺


Tips Resep Martabak Manis agar sempurna:

1 Tak memiliki serat. Pemicunya, kwalitas ragi yang dipakai kurang bagus, fermentasi kurang lama / wajan kurang panas.

2. Kue berkerak dan tebel serta gosong di bagian bawah. Pemicunya, api terlalu besar serta cetakan kue yang tipis, pakai cetakan memiliki bahan besi tempa yang tidak tipis.

3. Kue basah sisi tengah serta mentah. Pemicunya, api terlampau besar serta waktu memanggang tak di tutup.

4. Kue merasa serat saat ditelan. Pemicunya, kurang margarin atau umumnya tepung.

5. Kue keras sesudah dingin. Pemicunya, terlampau banyak terigu, kurang cairan, fermentasi kurang lama atau waktu kue masak tak diolesi dengan margarin waktu masih tetap panas.




No comments:

Post a Comment